NF - Perangkat Jaringan Komputer

 Perangkat Jaringan Komputer

    nah kali ini saya akan mengenalkan kepada teman teman apa yang di maksud perangkat jaringan komputer.Pada sesi ini kita akan mempelajari tentang berbagai macam perangkat yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer, mulai dari hub, switch, router, sampai dengan access point. Setiap perangkat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam mengelola lalu lintas data pada sebuah jaringan, sehingga sangat penting bagi kita untuk memahami cara kerja masing-masing perangkat tersebut agar dapat mengelola jaringan dengan efektif dan efisien.langsung ke pembahasanya yuk simak narasumber kita di bawah ini:
Gambar Router
Sumber:https://dwblog-ecdf.kxcdn.com/wp-content/uploads/2022/03/edge-router.jpeg


Router: mengutip dari Amelia Shinta>> router adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing. Proses routing sendiri merupakan proses meneruskan paket jaringan satu dengan yang lainnya.

mengutip dari mega >> Pengertian router ialah salah satu jenis perangkat keras pada komputer yang biasa ditemukan bila berurusan dengan jaringan network baik lokal ataupun online.

mengutip dari elly santi>>router adalah sebuah perangkat yang memiliki tugas utama untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet menuju perangkat lain. Proses pengiriman paket data ini juga sering disebut sebagai routing.

    Jadi, dapat disimpulkan bahwa router adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing atau pengiriman paket data. Router juga merupakan jenis perangkat keras pada komputer yang banyak digunakan dalam jaringan lokal atau online. Router memiliki tugas utama untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet menuju perangkat lain.
    
Gambar Switch
Sumber:https://i2.wp.com/www.maxmanroe.com/vid/wp-content/uploads/2019/09/Pengertian-Switch-Adalah.jpg?fit=700%2C390&ssl=1


Switch: mengutip dari Nurul Huda>>switch adalah komponen jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam sebuah jaringan. Proses ini memungkinkan pengguna bertukar data dan informasi ke perangkat yang dituju.

menurut anugarah ayu sendari>>Fungsi switch bisa membantu menghubungkan perangkat komputer. Fungsi switch dapat dikategorikan dalam jenis perangkat keras jaringan komputer. Fungsi switch menghubungkan beberapa perangkat, seperti komputer, titik akses nirkabel, printer, dan server.

    menurut pendapat dari kedua narasumber tersebut bisa di jelaskan bahwa Switch adalah sebuah perangkat jaringan yang berguna untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer atau perangkat lainnya dalam sebuah jaringan. Switch membantu mengatur aliran data di dalam jaringan sehingga pengguna bisa bertukar data dan informasi dengan perangkat yang dituju. Jadi, switch membantu menghubungkan perangkat-perangkat komputer yang ada di jaringan kamu.

Switch termasuk dalam jenis perangkat keras jaringan komputer, yaitu perangkat fisik yang digunakan untuk menghubungkan komputer dan jaringan. Kamu bisa menghubungkan perangkat-perangkat ke switch dengan menggunakan kabel jaringan atau nirkabel (Wi-Fi).

Contohnya, kamu punya sebuah jaringan komputer di kantor yang terdiri dari beberapa komputer, printer, dan server. Kamu ingin menghubungkan semua perangkat tersebut agar bisa bertukar data dan informasi dengan mudah. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan switch. Kamu tinggal beli switch yang sesuai dengan kebutuhan jaringan kamu, lalu hubungkan semua perangkat ke switch tersebut. Setelah itu, semua perangkat di jaringan kamu bisa saling bertukar data dan informasi dengan mudah.

Jadi, switch adalah perangkat yang sangat berguna untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer dalam sebuah jaringan. Dengan switch, proses bertukar data dan informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Apakah kamu paham dengan penjelasan di atas? Jika ada yang kurang jelas atau ingin bertanya lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada saya.

Gambar hub
sumber:https://www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2017/08/pengertian-hub-dan-fungsi-hub.png


Hub: mengutip dari HERMAWAN RIYADI>>hub adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya dalam suatu sistem jaringan.

mengutip dari arde kurniawan>>Hub adalah perangkat jaringan yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa PC ke satu jaringan. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan segmen LAN.

    Dari keuda pendapat tersebut bisa di simpulkan Hub adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya dalam suatu sistem jaringan. Hub juga memungkinkan Anda menghubungkan beberapa PC ke satu jaringan dan digunakan untuk menghubungkan segmen LAN.

Gambar Modem
Sumber:https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/26/Motorola_modem_28k.jpg


Modem: mengutip dari Ayu Rifka Sitoresmi>>modem adalah adalah suatu perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat diterima perangkat komputer/ mobile dengan lebih baik".

mengutip dari nabila azzahra>>Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Dengan kata lain, modem pada dasarnya memiliki dua peranan. Peranan pertama adalah mengubah sinyal digital ke sinyal analog yang merupakan fungsi modulator.

dapat di simpulkan dari kedua pendapat di atas sebagai berikut, Modem merupakan perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah yang dapat memperbaiki kualitas jaringan internet agar dapat diterima dengan lebih baik oleh perangkat komputer/mobile. Selain itu, modem juga memiliki dua peranan utama yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (modulator) dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital (demodulator).
Gambar access point
Sumber:https://i0.wp.com/www.jurnalponsel.com/wp-content/uploads/2018/06/Access-Point-2.jpg?ssl=1

Access point: 
mengutip dari jevi nugraha>>Acces point merupakan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data. Dengan kata lain, perangkat ini adalah alur akses yang menghubungkan pengguna ke pengguna lain dalam jaringan dan berfungsi sebagai titik interkoneksi WLAN dan jaringan kabel tetap.

mengutip dari Johana Aprilia>>Access point adalah perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan piranti nirkabel dengan jaringan lokal menggunakan teknologi, seperti wifi, bluetooth, wireless, dan lain sebagainya.


Kesimpulan:
    Perangkat jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer untuk mengelola lalu lintas data. Ada beberapa jenis perangkat jaringan komputer, seperti router, switch, hub, dan access point. Router adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing atau pengiriman paket data. Switch adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer atau perangkat lainnya dalam sebuah jaringan. Hub adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer atau perangkat lainnya dalam sebuah jaringan, sementara access point adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel ke jaringan kabel.

Terima kasih atas perhatian Anda. Semoga materi yang saya berikan bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan lain yang ingin Anda tanyakan, silakan tanyakan saja. Saya akan berusaha menjawab dengan sebaik mungkin,sekian dan terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Sintha, Amelia. 2022. "Pengertian Router." Dewaweb. https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-router/ Diakses pada 05 Januari 2023 pukul 20.15 WIB

Huda, Nurul. 2022. "Pengertian Switch." Dewaweb. https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-switch/Diakses pada 06 Januari 2023 pukul 08.22 WIB.

Riyadi, Hermawan. 2022. "Pengertian HUB." Nesaba Media.  https://www.nesabamedia.com/pengertian-hub-beserta-fungsi-dan-cara-kerja-hub/Diakses pada 06 Januari 2023 pukul 09.30 WIB.

Rifka, Ayu. 2021. "Pengertian Modem." Liputan6. https://hot.liputan6.com/read/4649417/modem-adalah-alat-untuk-mengakses-internet-pahami-jenis-dan-fungsinya Diakses pada 06 Januari 2023 pukul 10.19 WIB.

mega, mega. 2022. "Pengertian router." bikin.website. https:https://bikin.website/blog/pengertian-router/ Diakses pada 06 Januari 2023 pukul 14.04 WIB.

santi,eli,2022. "pengertian router"  IDwebhost.https://idwebhost.com/blog/apa-itu-router/ Diakses pada 06 januari 2023 pukul 14.20 wib.

sendari,ayu,2021. "pengertian switch" Liputan 6.https://hot.liputan6.com/read/4724235/fungsi-switch-dalam-jaringan-komputer-ketahui-cara-kerjanya diakses pada 06 januari 2023 pukul 14.20

kurniawan,andre,2021. "pengertian hub" Merdeka.com.https://www.merdeka.com/jabar/perbedaan-hub-dan-switch-pada-jaringan-komputer-jangan-sampai-salah-kln.html diakses pada 06 januari 2023 pukul 14.40 wib

azzahra,nabila suci,2021. "pengertian modem" Urbanasia.https://www.urbanasia.com/tech/apa-itu-modem-berikut-fungsi-jenis-dan-bedanya-dengan-router-U61349 diakses pada 06 januari 2023 pukul 14.45 wib

nugraha,jevri,2021, "pengertian access point" merdeka.com.https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-fungsi-access-point-dan-cara-kerjanya-perlu-diketahui-kln.html diakses pada 06 jaruari 2023 pukul 14.52 wib

johana,aprilia,2021, "pengertian access point" merdeka.com.https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-fungsi-access-point-dan-cara-kerjanya-perlu-diketahui-kln.html diakses pada 06 jaruari 2023 pukul 14.52 wib

Komentar